Rabu, 30 November 2011

Latihan Ujian Mata Kuliah Wawasan Kemasyarakatan

SOAL LATIHAN UJIAN
Mata Kuliah Pendidikan Berwawasan Kemasyarakatan
Semester 7

1.     Kelompok yang memiliki sifat praktis, tidak suka berbicara dan membahas sesuatu dengan teori-teori dan konsep-konsep. Pernyatan tersebut dikemukakan oleh ….
            a.     Kolb                                 b.  Munford                        c.  aus bel                           d.  hebermas
2.     Untuk mecapai tujuan belajar yang menyatakan bahwa peserta didik mampu membuat jala yang baik, maka seorang tutor berusaha menyusun bahan pelajaran mulai sari mengelanlkan bahan sampai dengan cara menguji kualitas jala. Ilistrasi ini menggambarkan kegiatan tutor pada langkah ….
           a.     Merencanakan proses pembelajaran                            c. Merumuskan Tujuan
           b.      Menetukan strategi                                                    d. Menentukan materi
3.     Belum (B)
4.     Belum(C)
5.     Menurut Vigostsky pada pembelajaran yang menekankan pada hakikat social dan pembelajaran sesuai dengan zona perkembangan dalam balajar siswa dapat berinteraksi dengan kelompok-kelompok berikut, kecuali ….
           a.     Pakar                                                                        c. Teman sebaya
           b.    Orang yang lebih dewasa   d. Media yang digunakan
6.     Berikut meripakan contoh sarana belajar yang berperan dalam kegiatan belajar, kecuali ….
           a.     Bahan                               b. Lingkungan                   c. Media                              d. Siswa
7.     Menurut pandangan kontruktivis, peran guru dalam pembelajaran meliputi hal-hal berikut kecuali ….
           a.       Mentransfer ilmu pengetahuan                                     c. Menumbuhkan kemampuan
           b.    Menumbuhkankemandirian d. Memberikan kemudahan belajar
8.     Menurut KihajarDewantoro arah dan tujuan pendidikan adalah ….
           a.     Meningkatkan intelektual anak                                   c. Menciptakan seorang professional
           b.    Mengarhkan anak lebih dewasa                                  d. Mengangkat derajat negara dan rakyat
9.     Usaha untuk mempersatukan pendidikan ilmu pengetahuan dengan pendidikan budi pekerti serta nilai-nilai budaya lain akan tercermin dalam institusi pendidikan dengan system ….
           a.     Among                             b. Ngomong                      c. Momong                          d. Pondok
10.  Definisi kebudayaan menurut Selo Sumarjan dan Soelaiman Sumardi adalah sebagai kecuali ….
           a.     Sebagai hasil karya           b. Rasa                             c. Cipta                             d. Pengaruh lingkungan
11.  Artifacts, system tingkah laku dan tindakan yang berpola, system gagasan dan system ideologis merupakan wujud kebudayaan yang dikemukakan oleh ….
           a.     J.J. Honingman                 b. A.L Kober dan Talcot     c. Koencoroningrat               d. W.G Summer
12.  Kaidah yang timbul dari masyarakat sesuai denga kebutuhannya disebut ….
           a.     Ideologis                          b. Norma                           c. Hukum                             d. Adat istiadat
13.  Alat-alat dan lembaga atau petugas pendidikan dan oraganisasi ekonomi merupakan unsur-unsur pokok kebudayaan menurut pendapat ….
            a.     Bronislaw                          b. Melville Herskovits         c. Kluchon                           d. W.G Summer
14.  Seni patung, ukir, lukis dan seni vocal dan instrument merupakan unsur-unsur kebudayaan menurut Ralph Unton berdasarkan analisis ….
           a.     Kesenian                           b.Bahasa                          c. Religi                               d. Pranata
15.  Mengadakan upacara adat pada saat kelahiran, pertunangan, perkawinan, merupakan contoh dari unsur-unsur kebudayaan ….
           a.     Normative                         b. Kaidah                          c. Universal                         d. Pranata
16.  Belum (C)
17.  Dengan ditemukannya mesin traktor, bterjadi perubahan dalam mengolah tanah pertanian….
           a.     Penemuan                         b. Invensi                          c. Invansi                             d. Intervensi
18.  Tempat yang paling ideal untuk pengembangan kebudayaan secara menyeluruh adalah ….
           a.     Taman Kanak-Kanak          b. Sekolah Dasar               c. Sekolah Menengah           d. Perguruan Tinggi
19.  Belum (C)
20.  Belum (D)
21.  Melalui pendidikan formal pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan swasta mungkin mampu mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional, kondisi ini disebabkan oleh ….
            a.     Jumlah tenaga guru yang tidak memadai                    c. Kondisi geografis dan budaya yang beragam
            b.    Motivasi belajar yang sangat rendah                           d. Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia
22.  Materi pembelajaran merupakan aspek penting dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan. Mengikat karakteristik peserta didiknya, maka materi pembelajaran yang disampaikan harus ….
            a.     Berintegrasi dengan kehidupan sehari-hari                    c. Sesuai permintaan peserta peserta didik
            b.    Merupakan bahan-bahan yang harus dipelajari             d. Diramu sendiri oleh peserta didik
23.  Poitensi yang dimiliki oleh pesrta didik akan dapat berkembang secara optimal sehingga mampu berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain dalam berbagai hal, apabila ….
            a.     Memiliki naluri yang kuat untuk berkembang                c. Diberi kesempatan untuk meningkatkan potensi
            b.    Memiliki relasi yang cukup banyak                              d. Diberi modal usaha sesuai kebutuhan
24.  Suatu kegiautan yang dilaksanakan secara terorganisir dan sistematis yang diselenggarakan di luar sekolah dalam waktu yang relative singkat, dengan tujuan agar peserta memilki keterampilan tertentu disebut ….
            a.     Kursus                              b. Kelmpok belajar            c. Pelatihan                         d. Majelis taklim
25.  Program pendidikan yang berupaya agar para pemuda memiliki keterampilan dalam mengelola sumber daya alam yang nterdapat dalam lingkungan hidupnya, dapat dilaksanakan melalui ….
            a.     Program kecakapan hidup                                        c. Pendidikan kepemudaan
            b.    Pendidikan pemberdayaan perempuan                       d. Pendidikan kesetaraan
26.  Implikasi praktis dalam pembelajaran dengan asumsi bahwa dewasa mempunyai akumulasi pemahaman, maka orang dewasa tersebut perlu disebutkan dalam ….
            a.     Menentukan lembaga untuk bermitra                          c. Mengumpulkan biaya
            b.    Menentukan kebrhasilan orang lain                             d. Peranan sebagai nara sumber
27.  Pada system pembelajaran yang menggunakan pendekatan pedagogis, seorang guru berkewajiban untuk menciptakan suatu kondisi tertentu agar peserta didik mampu dan siap mengikuti pelajaran dengan baik. Kondisi semacam ini disebut denga istilah ….
            a.     Motivasion                        b. The learn self consep     c. Readiness to learn        d. Orientation of learning
28.  Implikasi praktis dalam pembelajaran dengan asumsi bahwa orang dewasa mempunyai akumulasi penglaman, maka orang dewasa tersebut perlu dilibatkan dalam ….
a.   Menentukan lembaga untuk bermitra                           c. Mengumpulkan biaya
b.   Menentukan kebrhasilan orang lain                              d. Peranan sebagai nara sumber
29.  Pendapat yang menyatakan bahwa hasil seni merupakan salah saatu hasil kebudayan, dikemukakan oleh ….
            a.     Kihajar Dewantoro             b. Taylor                           c. Hickewa                           d. Peres
30.  Belum (D)
31.  Belum (A)
32.  Belum (A)
33.  Dengan memperkenalkan macam-macam adat kebudayaan dari berbagai daerah merupakan upaya yang dapatdilakukan guru dalam rangka ….
            a.     Mencintai alam dan tanah air                              c. Menghargai teman lain suku dan agama
            b.    Menyampaikan materi pelajaran                          d. Merangsang siswa untuk lebih mengenal kebudayaan
34.  Tiga hal yang dapat digunakan sebagai strategi untuk mempelajari nilai-nilai yang berhubungan dengan hak asasi manusia adalah berusaha untuk mengtahui, memperjuangkan dan mempraktekkan dalam kehidupan masyarakat. Pernyataan yang manggambarkan pelaksanaan hak-hak asasi manusia adalah ….
           a.     Guru dan siswa masing-masing menyadari akan hak dan kewajibannya yang diwujudkan dalam proses 
                 pembelajaran
           b.    Guru mengajarkan suatu topic yang berjudul “Hak-hak sosial dan ekonomi”
           c.     Siswa ditegaskan untuk mempelajari suatu bacaan yang berjudul “Bangsa yang tertindas”
           d.    Siswa dan guru merasa bersama-sama menonton film bertemakan hak asasi manusia
35.  Prosedur pengelolaan pembelajaran multi cultural yang bertujuan untuk mengetahui peran serta siswa dalam pembelajaran tehadap pada kegiatan ….
           a.     Pendahuluan                     b. Abstraksi                      c. Utama                             d. Analisis
36.  Yang dilakukan guru dalam kegiatan abstraksi dalam pengelolaan multicultural, diantaranya adalah ….
            a.     Mengadakan apersepsi pada siswa
            b.    Menyampaikan intisari materi yang telah dipelajari
            c.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
            d.    Mengadakan tanya jawab
37.  Kemampuan seseorang yang dapat menyadari kekurangan dan kelebihan diri sendiri berarti orang tersebut telah memilki kecakapan ….
            a.     Mengenal diri                     b. Sosial                           c. Berpikir rasional               d. Interpersonal
38.  Yang dimaksud denga selalu belajar agar tidak ketinggalan, dalam rangka memenuhi kategori standar kecakapan orang dewasa dapat dilakukan dengan cara ….
           a.     Berusaha mengetahui perkembangan jaman                c. Mempunyai kreativitas yang tinggi
           b.    Menuntut ilmu setinggi-tingginya                                 d. Mencari pengalaman yang cukup
39.  Yang dimaksud kecakapan akademik seseorang terlihat apabila orang ntersebut dapat menggali ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang ilmunya, hal tersebut dikemukakan ….
           a.     Dirjen PLSP                      b. WHO                             Direktorat kepemudaan        d. Dirjen dikti
40.  Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam program keterampilan hidup dengan pendekatan pendidikan berbasis luas diantaranya adalah ….
          a.     Menata masyarakat melalui pendidikan                       c. Memperkenalkan siswa pada budaya tertentu
          b.    Meningkatkan kerjasama denga unit terkait                 d. Pendidikan berlangsung seumur hidup
41.  Mengupayakan pengembengan potensi atau wilayah merupakan strategi ….
           a.     Linier centred                                                             c. Kurikulum berbasis computer
           b.    Renung, latih, telaah                                                  d. Penugasaan pendidikan ekstrakurikuler
42.  Mengajak siswa untuk melihat kembali pembelajaran yangtelah lalu dan hasil yang dicapai merupakan pembagian dari pembelajaran partisipatif yang terjadi pada tahap ….
            a.     Penilaian                           b. Pelaksanaan                  c. Perencanaan                    d. Pembinaan
43.  Upaya mendidik untuk memotivasi perserta didik dalam pembelajaran bertujuan agar ….
            a.     Peserta didik mampu meningkatkan diri dalam pembelajaran
            b.    Pendidik mampu menempatkan diri dalam pembelajaran
            c.     Pendidik ikut serta belajar seperti peserta didik
            d.    Pembelajaran dapat berlangsung tertib
44.  Belum (A)
45.  Belum (D)
46.  Dalam pembelajaran konvensional sebagai imbalan atau hadiah atas keberhasilan dalam belajar dapat berupa pujian atau angka rapor, sedangkan pada pembelajaran kontekstual hadiah ituberupa ….
           a.     Kepuasan diri                b. Ijasah yang diberikan     c. Sertifikat yang diraih        d. Diperolehnya pekerjaan
47.  Kegiatan siswa untuk mengajukan permasalahan dan pertanyaan penelitian sampai dengan penarikan generalisasi merupakan bentuk pembelajaran inquiri pada tahap ….
           a.     Pelaksanaan inquiri                                                    c. Pemberian dorongan
           b.    Penyampaian rencana program                                  d. Umpan balik
48.  Belum (A)
49.  Memiliki kecintaan terhadap belajar dalam kesiapan belajar m,andiri, dapat diartikan bahwa pesertadidik ….
           a.     Memiliki minat terhadap belajar                                   c. Selalu belajar tanpa batas
           b.    Mampu menerima pengetahuan                                  d. Mempunyai sikapyang positif
50.  Berikut ini adalah pernyataan yang menunjukkan peran pendidik sebagai fasilitator, kecuali ….
           a.     Berupaya agar peserta didik memperoleh pengalaman belajar
           b.     Menganggap dirinya sebagai sumber belajar
           c.     Selalu berusaha memberikan waktu sesuai dengan pokok bahasan
           d.    Menyadari adanya keterbatasan pada diri sendiri


-----------Selamat belajar----------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar